Prosedur Pembuatan / Registrasi SIM Online

Thursday, January 1, 2015

Prosedur Pembuatan / Registrasi SIM Online - Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya yaitu "Penerapan SIM Online 2015 ( Perpanjang & Pembuatan SIM )", kali ini saya akan memberikan Informasi mengenai langkah - langkah serta tata cara Prosedur Pembuatan SIM Online. Sistem SIM online ini merupakan teknologi baru, tentu memerlukan sosialisasi secara menyeluruh agar masyarakat yang akan membuat dan memperpanjang SIM ataupun yang akan mengikuti Ujian Teori SIM baik SIM A ( umum ), SIM BI + BII, SIM C ataupun SIM D tidak mengalami kebiingungan. Karena dengan sistem yang sekarang inipun, masih banyak yang belum paham dan bingung. Karena prosedur yang harus diselesaikan cukup banyak dan memerlukan banyak waktu. mulai dari Mengisi Formulir, Photo, Pengambilan Sidik Jari, Ujian Teori SIM, Ujian Praktik, hingga pemberkasan pembuatan SIM. Lalu bagaimanakah Prosedur dan tata cara untuk Pembuatan atau Registrasi SIM Online ini ?


Prosedur Pembuatan / Registrasi SIM Online

Agar anda tidak kebingungan dengan sistem terbaru yaitu SIM Online, perhatikan Prosedur serta langkah - langkah Pendaftaran untuk bisa membuat SIM secara Online. Berikut ini Prosedurnya : Untuk pembuatan SIM secara Online, Menurut Kepala Bidang Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Komisaris Besar , Bapak Bimo menjelaskan bahwa pemohon cukup datang dengan menyerahkan KTP ( Kartu Tanda Penduduk ) kepada petugas satpas. Kemudian Setelah mendapat nomor, Pencari SIM langsung membayar ke bank dan mendapatkan tanda bukti pembayaran. Setelah itu Pencari SIM bisa menunggu panggilan untuk mengikuti ujian tertulis ( Ujian Teori ) dan praktik.


Materi / Kisi - Kisi Ujian Teori SIM Online

Agar anda tidak buang - buang waktu dalam mengikuti Tes / Ujian SIM, ada baiknya anda mempelajari Soal - Soal Ujian SIM yang sudah ada baik SIM A, B C D. Dengan mempelajari Materi Soal Ujian SIM online ini, setidaknya 50% - 70% soal akan keluar dalam Ujian SIM yang sesungguhnya. Karena soal Ujian SIM ya itu - itu saja, Jika anda ingin Lulus Ujian SIM harus banyak berlatih. Berikut ini beberapa Simulasi SIM Online dari saya :

Untuk Soal yang lainnya bisa menunggu update berikutnya. Dan sebagai tambahan referensi, Materi ujian tertulis nantinya bisa download dari situs Korlantas Polri. Seperti soal yang ada di Blog ini, Soal SIM Online atau Materi ujian SIM Online  dari Korlantas Polri juga akan dibuat menggunakan animasi, dan ujian dilakukan secara online. Hasil dari Ujian online bisa langsung dilihat apakah lulus atau tidak.


Untuk prosedur selanjutnya setelah mengikuti Ujian Teori, maka jika peserta lulus teori, bisa mengikuti ujian menggunakan simulator dan ujian praktik di jalan. Tentu ini akan sedikit berbeda jika Ujian Praktik tidak dilakukan secara nyata. Kemudian untuk langkah selanjutnya, Jika dinyatakan lulus ujian Praktik, SIM akan dicetak dan datanya dimasukkan ke dalam database Korlantas Polri.

Demikian tadi Informasi Prosedur Pembuatan / Registrasi SIM Online yang akan diberlakukan mulai tahun 2015 ini. 

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kumpulan Ujian Teori SIM 2020 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger